Pengertian Aplikasi Pemograman Dev C++ dan Kelebihan, Kekurangannya

EfesCom - Pasti masih banyak yang belum tau kelebihan pemograman c++ dan kekurangannya, kali ini saya akan share beberapa kelebihan dan kekurangan pemograman dev c++. oke langsung saja ya ...


PENGERTIAN PEMOGRAMAN DEVC++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

KELEBIHAN

1. Bahasa C tersedia hampir di seluruh jenis komputer. Bahasa C merupakan Bahasa komputer yang tersedia baik di komputer mikro maupun di komputer besar (mainframe computer).

2. Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan fleksibel.
Aplikasi yang ditulis dengan bahasa C untuk suatu komputer tertentu dapat digunakan di komputer lain hanya dengan modifikasi yang sedikit saja.

3. Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata kunci.
Telah kita ketahui bahwa bahasa C standar ANSI cuma menyaratkan sebanyak 32 kata-kata kunci kunci, turbo hanya menyediakan 39 kata-kata kunci, C++ hanya menyediakan 48 kata kunci. Coba kita bandingkan dengan bahasa-bahasa yang lain yang memang menyediakan ratusan kata-kata kunci. Semakin sedikit kata-kata kunci yang digunakan oleh suatu bahasa, semakin mudah bagi si pemakai untuk mempelajari dan menggunakan bahasa itu.

4. Proses executable program bahasa C lebih cepat.
Karena filosoli bahasa C yang memang hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci, maka konsekuensinya program hasil dari kompilasi bahasa C bisa dibilang relatif akan lebih cepat prosesnya di bandingkan dengan hasil dari bahasa lain. Dengan demikian, aplikasi yang dibuat dengan bahasa C akan menjadi aplikasi yang efisien dan kompetitif.

5. Dukungan pustaka yang banyak.
Telah disebutkan bahwa keandalan bahasa C dicapai dengan fungsi-fungsi pustakanya. Fungsi-fungsi pustaka ini disediakan oleh versi-versi bahasa C masing-masing atau dapat dibeli dari sumber yang lain. Ribuan fungsi-fungsi pustaka C telah tersedia di pasaran sampai sekarang, mulai dari fungsi-fungsi pustaka yang sederhana sampai dengan yang rumit, misalnya itu funsi pustaka untuk membuat indeks dari file database menggunakan B+ tree yang digunakan di dBASE. Dukungan pustaka fungsi dan kelas yang cukup banyak ini memungkinkan pembuatan aplikasi makro.

6. Bahasa C adalah bahasa yang terstruktur.
Bahasa C mempunyai struktur yang baik sehingga mudah untuk dipahami. C disebut dengan bahasa yang terstruktur karena menggunakan fungsi-fungsi sebagai program-program bagiannya. Struktur bahasa C yang baik selain mudah dipelajari, juga memudahkan dalam pembuatan program, memudahkan pelacakan kesalahan program dan akan menghasilkan dokumentasi program yang baik.

7. Bahasa C termasuk bahasa tingkat menengah dan lebih dekat dengan bahasa mesin.

8. Kode program bersifat reuseable, sehingga dapat digunakan kembali pada project lain dengan hanya menggunakan library dan file header.

9. C++ dapat membuat aplikasi graphic processor berkualitas tinggi.


KEKURANGAN

1. Banyaknya Operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.

2. Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer
Jadi, dapat kita simpulkan, tidak ada salahnya kan kita belajar pemrograman dengan Bahasa C / C++ ini. Sebab cukup terorganisir, dan memungkinkan untuk pembuatan skala besar / makro.

Sekian dulu, semoga bisa bermanfaat bagi anda dan bisa buat refrensi dan terima kasih telah berkujung di blog saya.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
March 16, 2020 at 8:45 PM delete

Awesome content. I have bookmarked your page. Best regards Sonya

Reply
avatar