Belajar Membuat Heading di HTML

EfesCom-Setelah mempelajari tentang Cara membuat link di HTML, materi selanjutnya yang dibahas adalah Cara memubuat Judul (Heading) di HTML.

Mengenal Heading HTML

Heading atau lebih tepatnya TAG Heading merupakan TAG khusus yang disediakan oleh HTML untuk membuat sebuah judul pada teks dalam sebuah halaman web. TAG Heading secara default ditampilkan oleh browser dengan ukuran lebih besar dan lebih tebal (bold) dari teks biasa. Tidak hanya sekedar untuk memberikan penampilan yang lebih tegas dan penekanan, TAG Heading juga sangat penting dalam kaitannya dengan teknik Search Engine Optimization (SEO).
TAG Heading dalam HTML terdiri dari 6 level berdasarkan tingkat penting dan ukurannya. TAG Heading tersebut adalah <h1>, <h2>, <h3>, <h4>, <h5> dan <h6>. TAG H1 memiliki ukuran paling besar, sedangkan TAG h6 memiliki ukuran paling kecil.

Heading yang memiliki 6 tingkatan ini mencerminkan kegunaannya untuk membuat struktur judul website. Judul dari sebuah artikel sebaiknya ditulis dengan tag <h1>, sub judul ditulis dengan tag <h2>, sub sub judul ditulis dengan tag <h3>, dst. Struktur yang teratur juga menjadi nilai tambah
Agar struktur menjadi konsisten, usahakan agar tidak melompati struktur penulisan. Contoh apabila membuat judul utama menggunakan tag <h1> kemudian langsung menggunakan tag <h5> sebagai sub judulnya.



Kita coba ketik script dibawah ini ya!


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <meta charset="UTF-8">
<title>Belajar HTML untuk pemula</title>
</head>
<body>
<h1>Judul artikel Heading 1</h1>
<p>.....................................isi content........
...............................................</p>
<h2>Judul artikel Heading 2</h2>
<h3>Judul artikel Heading 3</h3>
<h4>Judul artikel Heading 4</h4>
<h5>Judul artikel Heading 5</h5>
<h6>Judul artikel Heading 6</h6>
</body>
</html>

kenapa suruh anda mengetik, supaya anda bisa mengafal fungsi" di atas. budaya kan mengetik jangan copy paste.

Maka Output dari script diatas adalah

Itulah materi tentang pembuatan heading di HTML. Apabila ada pertanyaan silahkan ditanyakan di kolom komentar yaa..

sekian dulu semoga Artikel ini bisa bermanfaat bagi anda jangan lupa dishare kawan, agar orang lain juga memperoleh manfaatnya juga, sekian dulu terima kasih telah berkunjung di blog saya.
Previous
Next Post »