Cara Mengatasi Pc Tidak Mau Booting


EfesCom - Mungkin anda pernah mengalami kasus dimana Pc anda tidak mau  booting , entah itu booting kemudian restart lagi atau malah terjadi bluescreen oleh karena itu disini saya akan memberikan tips untuk mengatasi pc yang tidak mau booting
1.  Tidak bisa booting karena harddisk atau sistem operasi yang corupt
Masala ini bisa dilihat dari pesan yang menunjukkan adanya file yang rusak atau hilang, berikut cara mengatasinya :
  • Terlebih dahulu jika di komputer teman-teman terdapat memori yang tidak sejenis, coba dilepaskan biasanya tidak kompatibel dan memori yang terpasang lebih dari satu dan tidak kompatibel biasanya muncul eror sistem windows corupt.
  • Repair Sistem Operasi atau instal ulang.
  • Repair Hardisk.
2. Tidak bisa booting karena ada masalah pada BIOS
Biasanya komputer tampak mati total dan tidak mau booting sama sekali adalah karena adanya masalah pada BIOS. Kerusakan pada komputer blank atau mati total sehingga tidak bisa melakukan booting ini dapat diatasi dengan cara mereset BIOS. Nah jika kipas processor berputar, namun komputer masih belum menyala, kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS Motherboard.
3. Tidak bisa booting karena Hardisk tidak terdeteksi
Masalah ini ditandai dengan munculnya pesan Disk Boot Failure, untuk mengatasi Komputer tidak bisa booting karena Hardisk tidak terdeteksi, beberapa hal di ataranya :
  • Yang pertama silahkan teman-teman mengecek kabel IDE atau SATA pada hardisk, pastikanlah sudah terpasang dengan baik dan benar di baik di harddisk maupun di mainboard.
  • Untuk yang masih menggunakan harddisk IDE, untuk dua harddisk IDE yang terpasang pada 1 kabel, lakukan pengecekan posisi jumper untuk setingan master dan slavenya agar tidak tertukar.
  • Di BIOS cek apakah harddisk terdeteksi ?. Jika sudah memastikan kabel terpasang dengan baik namun di BIOS tidak terdeteksi berarti masalahnya ada pada harddisk.
  • Untuk memastikan apakah harddisk hidup, coba pegang permukaan harddisk apakah ada rasa getaran.
4. Tidak bisa booting karena masalah pada memori
Jika masalah pada memori biasa ditandai dengan bunyi beep yang berulang-ulang, dan pada tampilan monitor tidak ada. Untuk mengecek dan mengatasi jika masalahnya terpada pada memori, berikut hal yang harus dilakukan :
  • Buka casing terlebih dahulu, kemudian lepas memori, bersihkan pin-nya menggunakan penghaampus, kemudian pasang kembali dengan benar.
  • Jika masih belum bisa pasang memori di slot yang lain, untuk memori yang lebih dari satu, lepas saja dulu yang lainnya dan dites satu persatu.
  • Apabila masih terdengan suara beep, coba ganti dulu memorinya.
5. Tidak bisa booting karena masalah pada VGA Card
Hampir sama dengan memori biasanya masalah pada VGA Card ditandai dengan bunyi beep yang berulang-ulang, dan pada tampilan monitor tidak ada. Untuk mengecek dan mengatasi jika masalahnya terpada pada VGA Card, berikut hal yang harus dilakukan :
  • Buka casing terlebih dahulu, kemudian lepas VGA Card, bersihkan pin-nya menggunakan penghaampus, kemudian pasang kembali dengan benar.
  • Jika masih tidak tampil juga coba lepas VGA Cardnya, dan nyalakan tanpa VGA jika dilayar monitor ada tampilan maka kemungkinan pada VGA Card atau slot VGA yang terdapat di Motherboard bermasalah.
  • Coba ganti dengan VGA Card yang lain atau cek VGA Card tersebut di komputer lain.
6. Tidak bisa booting karena Processor kepanasan (overheat)
Processor yang kepanasan dapat juga menyebabkan komputer mati tiba-tiba dan saat dihidupkan tidak dapat lagi melakukan booting atau merestart lagi. Untuk mengatasi hal ini, berikut hal yang harus dilakukan :

  • Periksa kondisi Heatsink dan kipas processor, apakah kipas berputar atau kotor, kipas yang kotor akan menyebabkan kipas kipas sulit untuk berputar.
  • Jika masih bisa masuk ke BIOS cek temperatur processor.
7. Tidak bisa booting dan mati total
Jika komputer mati total, coba dicek terlebih dahulu arus listrik dan periksa kondisi pada power supply. Kemudian cek kabel-kabel yang terpasang pada motherboard, Kabel power ke minitor, kabel CPU ke monitor. Pastikan juga kabelnya terpasang dengan baik, serta arus listrik di tempat teman-teman
Previous
Next Post »