Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri

Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri

Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri - Sebagian besar orang biasanya pernah mengalami kasus dimana komputer atau leptop restart sendiri terus menerus. Hal ini biasanya terjadi berulang-ulang dalam waktu tertentu. Masalah ini bisa dianggap sebagai masalah serius karena selain mengganggu, ternyata mempunyai faktor yang tidak biasa.



Komputer restart sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, dan pada kasus ini saya akan mengulas untuk kasus komputer yang terus melakukan restart sendiri secara berulang-ulang hingga tidak bisa booting atau masuk ke Windows.

Faktor-faktor yang mempengaruhi :

1. Temperatur Komputer
Faktor penyebab komputer restart sendiri terus  Salah satunya adalah faktor temperature. Temperature yang sangat tinggi pada komputer akan memicu komputer untuk restart meski tidak ada perintah dari penggunanya. jika temperatur komputer panas cara mengatasinya kita bisa membersihkan debu-debu yang ada di dalam komputer, jika didalam komputer kotor bisa mempengaruhi temperatur komputer.

2. Masalah di Hardware Komputer
Langkah-langkah memperbaiki komputer terus restart sendiri secara berulang-ulang dan gagal masuk ke Windows dengan fokus pengecekan pada bagian komponen hardware:

Lepas semua hardware di CPU, memory (RAM), hardisk, dll. setelah itu perhatikan dengan seksama kondisi masing-masing hardware untuk mengetahui apakah ada kerusakan fisik pada hardware tertentu dan periksa kondisi kabel konektor (kabel ide, dll). *Ini termasuk bagian paling penting!

Periksa memori (RAM). Bersihkan kuningan RAM menggunakan penghapus pensil atau benda sejenis. Ingat! Tangan anda tidak boleh mengenai kuningan ram tanpa menggunakan alas.

Dengarkan bunyi hardisk pada saat anda menyalakan CPU. Hardisk yang berbunyi terlalu berisik menandakan ia bermasalah/rusak.

Cek kondisi kipas dan permukaan motherboard. Jika sewaktu pertama kali membuka casing CPU anda mendapati temperatur dalam CPU sangat panas, maka besar kemungkinan kipas/fan CPU perlu diganti. Jika fan/kipas bermasalah, maka komputer tidak akan bisa bekerja secara normal, termasuk sering restart sendiri.

Cek kondisi power supply. Seperti halnya hardware lainnya anda juga harus membersihkan power supply dari debu. Perhatikan fan/kipas power supply, pastikan masih berfungsi normal.

Cek tegangan listrik. Perlu diingat bahwa komputer memerlukan pasokan aliran listrik (voltase) yang tergolong tinggi, jadi anda harus memastikan tegangan listrik tidak sedang naik turun.

Setelah semuanya rampung dan tegangan listrik tidak mengalami gangguan selanjutnya silakan pasang kembali semua komponen hardware CPU untuk mencoba menyalakannya kembali. Apabila setelah menempuh langkah-langkah diatas CPU masih saja restart sendiri, maka besar kemungkinan yang rusak adalah motherboard nya.








Previous
Next Post »