Pengertian Struktur Data dan Penjelasannya

Pengertian Struktur Data dan Penjelasannya


Pengertian Struktur Data dan Penjelasannya - Salah satu hal penting yang tidak dapat ditinggalkan dalam penggunaan komputer adalah Data. Data dapat diperoleh dari berbagai sumber, misalkan hasil pengukuran laboratorium, hasil survei, hasil angket dan lain sebagainya. Komposisi data dan logika dari algoritma yang memanfaatkan data tersebut berhubungan sangat erat. Data sederhana dapat kita himpun ke dalam suatu struktur data yang memuat informasi tentang hubungan antara item yang terdapat di dalamnya.

Pengertian Struktur Data


Struktur  Data  adalah  tata cara untuk melakukan penyimpanan, penyusunan, dan pengaturan data agar data dapat digunakan secara efisien. Dalam bahasa pemrograman struktur data  adalah  tata letak kolom-kolom data, baik yang terlihat oleh pengguna maupun yang tidak terlihat oleh pengguna, yang tidak terlihat tersebut hanya digunakan dalam proseses program saja.

Kegunaan Struktur Data


1.)  Memudahkan dalam memahami dan memecahkan masalah  algoritma
2.)  Meningkatkan  efisiensi  memori  saat  program  komputer  sedang  bekerja
3.)  Proses reservasi memori yang tidak perlu akan diminimalisasi

Jenis-jenis Struktur Data


1.    Struktur data sederhana , meliputi:

* Array (Larik)
Larik adalah struktur data statik yang menyimpan sekumpulan elemen yang  bertipe sama, misalnya tipe sederhana, tipe terstruktur dan lain-lain. Setiap  elemen  dapat diakses langsung melalui indeksnya. Indeks larik harus berupa  tipe data yang berurutan dan banyaknya elemen larik harus diketahui dahulu sebelum program dieksekusi.

* Record (catatan)
Catatan adalah kumpulan data yang terdiri dari beberapa field (isian) dengan berbagai macam tipe data.

2.    Struktur data majemuk, meliputi:

* Linear

- Queue (Antrian)
Queue (Antrian) adalah list linear yang dikenali elemen pertama (head) dan elemen terakhirnya (tail). Aturan penyisipan selalu dilakukan setelah elemen terakhir, dan aturan penghapusan selalu dilakukan pada elemen pertama. Antar elemen satu dengan yang lain dapat diakses melalui informasi next.

- Stack (Tumpukan)
Stack (Tumpukan) adalah list linear yang dikenali elemen puncaknya (top). Aturan penyisipan selalu dilakukan diatas top, dan aturan penghapusan selalu dilakukan pada top. Elemen yang di tambahkan paling terakhir itulah elemen yang akan dihapus. Elemen stack tersusun secara LIFO (Last In First out).

- List dan Multi-List (Daftar)
List dan Multi-List (Daftar) adalah sekumpulan list linear dengan elemen yang bertype sama dan memiliki urutan tertentu. Setiap elemennya memiliki 2 bagian.

* Non Linear
Binary tree (Pohon Biner)
Binary tree (Pohon Biner) adalah himpunan terbatas yang mungkin kosong atau terdiri dari sebuah simpul yang disebut akar dan dua buah himpunan lain yang disjoint yang disebut sub pohon kiri (left) dan sub pohon kanan (right). Karakteristik pohon biner adalah setiap simpul paling banyak hanya memiliki dua buah anak dan mungkin tidak punya anak.

- Graph (Graf)
Graph (Graf) adalah struktur data yang paling umum. Struktur graph memungkinkan keterhubungan tak terbatas antara entitas-entitas data.
Previous
Next Post »