Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Internet

Pengertian Internet

Internet (Interconnected Network) adalah system komunikasi yang menghubungkan antar jaringan-jaringan computer secara global. Internet juga menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia dan sekumpulan jaringan computer yang menghubungkan banyak situs.


Internet dapat digambarkan sebagai jaringan laba-laba yang menyelimuti bumi terdiri atas titik – titik yang saling berhubungan. Node tersebut dapat berupa computer, note-book, atau peralatan komuniaksi seperti smartphone. Garis penghubung antarnode disebut internet backbone yang berupa media transmisi seperti kabel, serat optic maupun gelombang mikro (microwave).
Ada dua peranan internet yang sangat penting yaitu :
 1.       Sebagai sumber data dan informasi
Internet menyimpan berbagai macam informasi, siapa yang terhubung dengan internet dapat mengakses informasi tersebut.
2.       Sarana pertukaran data dan informasi
Dua computer yang saling terhubung dengan internet dapat melakukan pertukaran informasi tanpa dibatasi jarak fisik dan dapat dilakukan secara cepat.
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protocol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan computer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protocol ini mengatur format data yang diijinkan penanganan error.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protokol) memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis computer, tanpa terpengaruh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan baik Open Source atau Close Source.
Layanan internet berkembang sangat pesat, karena menawarkan beberapa daya Tarik atau keunggulan dibandingkan media lain. Seperti contoh :
  • Biaya online untuk komunikasi murah berjangkauan tidak ada batasnya.
  • Banyaknya sumber informasi besar serta keterbukaan dalam mengaksesnya.
  • Menguntungkan dalam semua bidang misalkan bisnis, akademik, pemerintahan, organisasi dan lain-lain.


Previous
Next Post »