Pengertian Router dan Macam-Macam Router Beserta Fungsinya

Apa itu Router? 

Pengertian Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi Protokol kepada jaringan-jaringan lainnya. Maka dengan router, sebuah protokol akan bisa kita sharing ke perangkat jaringan lainnya. Kalau agan masih bingung, dapat di istilahkan bahwa router merupakan perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan 2 atau lebih jaringan. Tetapi router itu sendiri juga berbeda dengan perangkat yang namanya switch. Karena terkadang bagi orang awam tentang jaringan sulit juga membedakan router dan switch. Jadi router berfungsi menghubungkan 2 atau lebih jaringan LAN, sedangkan switch berfungsi menghubungkan beberapa perangkat untuk membentuk jaringan LAN atau istilahnya adalah membagi jalur pada jaringan.

Kemudian router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork. Dan untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya, router juga terkadang digunakan untuk mengkoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring. Mungkin itulah pengertian singkat mengenai router.


Apa Fungsi Router?

Secara umum router memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah :

1. Fungsi utama router yaitu menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Namun router berbeda dengan Switch, karena Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network). Sedangkan router digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya. Jadi jangan sampai sobat salah mengartikan fungsi router.

2. Fungsi router selanjutnya adalah untuk men-transmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya seperti bridge.

3. Router juga berfungsi untuk mengubungkan jaringan lokal kesebuah koneksi DSL biasa juga disebut DSL router. Router ini umumnya memilki fungsi firewal untuk melakukan penapisan paket berdasarkan sumber serta alamat tujuan paket tersebut, namun tidak semua router memiliki fungsi yang sama. Router yang memiliki fitur penapisan paket dapat juga disebut sebagai paket filtering router. Fungsi umum router ini adalah memblokir lalulintas data yang telah dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang bisa menyebabkan kinerja jaringan menjadi melambat.

Apa Saja Jenis-jenis Router?


Nah, untuk jenis router ada 3 macam seperti router PC, router hardware, dan router aplikasi. Untuk penjelasanya ada dibawah ini:

1. Router PC adalah Sistem Operasi yang mempunyai fasilitas sharing atau membagi IP Address.

2. Router Hardware adalah suatu perangkat yang mempunyai kemampuan seperti router, sehingga perangkat keras tersebut dapat membagi dan memancarkan, serta membagi IP Address.

3. Kemudian untuk Router Aplikasi sendiri merupakan aplikasi yang bisa diinstal pada Sistem Operasi, sehingga nantinya akan membuat Sistem Operasi itu mempunyai kemampuan seperti router. Seperti contoh; WinProxy, SpyGate, WinGate, dan WinRoute.

Previous
Next Post »