Pengertian Android dan Sejarah Perkembangan OS Android

Pengertian Android

Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc. yang merupakan pendatang baru yang membuat piranti lunak untuk ponsel/smartphone

Sejarah Android

Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan untuk perangkat mobile berbasis Linux. Pada awalnya sistem operasi ini dikembangkan oleh Android Inc. yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005.
Dalam usaha mengembangkan Android, pada tahun 2007 dibentuk Open Handset Alliance (OHA), sebuah konsorsium dari beberapa perusahaan yaitu Texas  Intruments, Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel, dan T-Mobile denga tujuan untuk mengembangkan standar terbuka untuk perangkat mobile


Perkembangan Android

1.      Android versi 1.1
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1 Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan pada aplikasi, jam, alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
2.      Android versi 1.5
Terdapat pembaharuan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton vedio dengan modus kamera, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan  dengan sistem, versi ini dirilis pada pertengahan Mei 2009
3.      Android versi 1.6 (Donut)
Donut (versi 1.6) dirilis pada September 2009 dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibandingkan sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan control applet VPN.
4.      Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Android diluncurkan pada 3 Desember 2009. Dilakukan perubahan, yaitu pengoptimalan hardware, perubahan User Interface (UI) dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, peningkatan Google Maps 3.1.2, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
5.      Android versi 2.2 (Froyo)
Pada 20 Mei 2010 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.2 (Froyo) perubahan yang dilakukan meliputi optimasi kecepatan, memori, dan kinerja sistem operasi secara eksternal, dukungan adobe Flash 10.1 serta fungsi USB tethering maupun Wi-Fi hotspot.
6.      Android versi 2.3 (Gingerbread)
1 Desember 2010 Google kembali meluncurkan versi terbaru yaitu Android versi 2.3. pada versi ini terdapat peningkatan manajemen daya, control melalui aplikasi, penggunaan multiple kamera, peningkatan peforma serta penambahan sensor seperti gyroscope.
7.      Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Versi ini berbeda dengan versi-versi sebelumnya. Versi ini dirancang khusus untuk PC Tablet sehingga memiliki User Interface yang berbeda dan mendukung ukuran layar yang lebih besar. Selain itu, pada versi ini memungkinkan penggunaan multiprossesor dan akselerasi perangkat keras untuk grafis. SDK versi pertama diluncurkan Februari 2001. 


Sumber : . H. S, Mudah Membuat Aplikasi Android, Yogyakarta: ANDI Yogyakarta, 2011.

Previous
Next Post »