Pengertian Dari Bahasa Pemrograman Beserta Sejarahnya

Pengertian bahasa Pemrograman

Pengertian Dari Bahasa Pemrograman Beserta Sejarahnya - Bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang mengonveksi algoritma yang telah dirancang oleh pengguna / pemrogram kedalam bahasa yang dimengerti oleh computer. Dalam bahasa pemrograman terdapat syntax – syntax (suatu aturan pada pembuatan program) yang ditujukan agar pemrogram dapat menuangkan perintah yang nantinya akan dijalankan oleh komputer.


Sejarah Bahasa Pemrograman

Terdapat 4 kelompok generasi bahasa pemrograman     :

1. Generasi pertama (Bahasa Mesin)

Pada generasi pertama, pemrograman menggunakan kode mesin yang diwakili oleh angka biner 0 dan 1 saja. bahasa ini dikategorikan dalam bahasa pemrograman tingkat rendah, karena perintah bahasanya tidak mudah dimengerti.

2. Generasi kedua (Bahasa Assemby)
Bahasa ini sedikit relative lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin, karena telah menggunakan perintah dalam bentuk kata yang dipendekkan. Sebagai contoh,  perintah MOV yang berarti “MOVE” (Berpindah). Meskipun demikian bahasa ini masih dikategorikan dalam bahasa pemrograman tingkat rendah, karena  perintah bahasanya masih tidak mudah dimengerti .

3. Generasi ketiga (Bahasa Pemograman Tingkat Tinggi)
Penulisan program secara procedural telah di terapkan, sehingga penyusunan program lebih tertata dengan baik. Pada generasi ini, perintah menggunakan kata-kata yang biasa digunakan manusia. Sebagai contoh, perintah READ (Membaca Data). Bahasa pemrograman BASIC, Pascal, FORTRAN dan C termasuk dalam bahasa pemrograman generasi ke tiga.

4. Generasi ke empat 
Bahasa pemrograman menggunakan pendekatan pemrogaraman pada objek (Object Oriented Programming - OOP). Sehingga lebih memudahkan dalam penyusunan program yang kompleks. Bahasa pemrogaraman ini meliputi bahasa pemrograman Visual C++, Visual Basic, Delphi dan java

Sekian dari penjelasan tentang Pengertian Dari Bahasa Pemrograman Beserta Sejarahnya, semoga bermanfaat bagi anda. terimakasih
Previous
Next Post »